Studi Kasus Mengenai Pengaruh Penggunaan Handphone yang Salah
Oleh Para Pelajar
Disusun oleh;
Nama : Nurul Afifah
Kelas : XI TKJ 1
Kompetensi Keahlian : Teknologi Komputer dan Jaringan Dasar
SMK N 7 KENDAL
Tahun Pelajaran 2019/2020
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim
Puji dan syukur pada Allah SWT, yang memberikan hidayah dan taufiq sehingga tim penulis dapat menyelesaikan penelitian studi kasus ini. Shalawat beriring salam senantiasa pada baginda Muhammad SAW, melalui risalahnyalah kita dapat menikmati berbagai macam ilmu pengetahuan.
Penelitian studi kasus sederhana yang berjudul "Penyalahgunaan Penggunaan Ponsel pada Pelajar” ini kami buat dengan usaha keras untuk tugas mata kuliah Pengantar Bimbingan Konseling, kami sadar masih banyak kekurangannya. Dengan ikhlas dan lapang hati demi penyempurnaan studi kasus ini, kami mengharapkan kritik dan saran serta uluran tangan dari pembaca.
Terimakasih kami ucapkan kepada Bapak Asep Sunandar,S.Pd.Kom, yang telah memberikan pengarahan dan informasi kepada kami dalam penelitian studi kasus ini. Semoga bukan hanya bermanfaat bagi SMK N 7 KENDAL, tetapi juga untuk khalayak ramai masyarakat Kendal dan sekitarnya.
Kendal,10 Oktober 2019
STUDI KASUS PENGGUNAAN HANDPHONE PADA REMAJA KHUSUSNYA PADA REMAJA PELAJAR
1.Pengertian Studi Kasus
Studi kasus adalah salah satu metode penelitian dalam ilmu sosial,terhadap suatu keadaan atau kejadian yang disebut sebagai kasus dengan menggunakan cara-cara yang sistematis dalam melakukan pengamatan, pengumpulan data, analisis informasi, dan pelaporan hasilnya.Studi kasus dapat menggunakan bukti baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif.Penelitian dengan menggunakan subjek tunggal memberikan kerangka kerja statik untuk memberikan data dari kasus data kuantitatif.
Tujuan penggunaan penelitian studi kasus adalah tidak sekadar untuk menjelaskan seperti apa objek yang diteliti, tetapi untuk menjelaskan bagaimana keberadaan dan mengapa kasus tersebut dapat terjadi. Dengan kata lain, penelitian studi kasus bukan sekadar menjawab pertanyaan penelitian tentang:
‘apa’ (what) objek yang diteliti, tetapi lebih menyeluruh dan komprehensif lagi adalah tentang:
‘bagaimana’ (how) dan ‘mengapa’ (why) objek tersebut terjadi dan terbentuk sebagai dan dapat dipandang sebagai suatu kasus.
2.Strategi Studi Kasus
strategi atau metode penelitian ;
A. Siapa (who),
B. Apa (what),
C. Dimana (where),
D. Berapa (how many) dan
E. Seberapa besar (how much).
3. Tujuan Studi Kasus
Studi Kasus diadakan untuk memahami siswa sebagai individu dalam keunikannya dan dalam keseluruhannya. Kemudian dari pemahaman siswa yang mendalam, konselor dapat membantu siswa untuk mencapai penyesuaian yang lebih baik. Dengan penyesuian pada diri sendiri serta lingkungannya, sehingga siswa dapat menghadapi permasalahan dan hambatan hidupnya, dan tercipta keselarasan dan kebahagiaan bagi siswa tersebut.
4. Sasaran Studi Kasus
a.individu,misalnya perseorangan ;
b.kelompok,misalnya senggerombolan orang yang sedang bermain game atau bermain gadget secara bersama sama.
5.Penyalahgunaan Handphone pada Kalangan Remaja Pelajar
Fungsi utama dari handphone adalah sebagai alat komunikasi melalui suara dan pesan singkat (SMS).
Selanjutnya handphone berfungsi untuk menangkap siaran radio, televisi. Juga dilengkapi dengan fungsi audio, kamera, video, game, serta layanan internet.Dijamin pada jaman modern ini 100 % pelajar mengunakan alat elektronik canggih,salah satunya handphone (hp),salah satu alat komunikasi yang sering kita gunakan.
Alat handphone yang biasanya kita gunakan pada umumnya digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, namun pada kenyataannya pelajar saat ini telah menyalahgunakan pemakaian handphone, yaitu untuk melihat hal - hal yang semestinya tidak patut dilihat oleh seorang pelajar.Bayangkan saja, jika seorangpelajar melihat hal hal seperti itu.sekalipun belum ada pembuktiansecara akademis, bahwa maraknyaperistiwa penyimpangan seksualdan pernikahan dini saat ini adalah karna penyalah gunaanteknologi seperti situs porno diHandphone.Rancangan undang undang agarpelajar tidak diperbolehkan membawa handphone dibicarakandimana mana. Perilaku pelajar saat ini mulai menjadi jadi. Tak sedikit pelajar yang ketahuan penyimpan video dan foto yang tidak senonoh didalam handphone miliknya. Belum lagi handphone juga digunakan pelajar untuk tukar menukar jawaban di saat ujian sedang berlangsung.
6.Solusi Agar Pelajar Tidak Candu dengan Handphone
1. Tidak membawa handphone saat sekolah.2. Membagi waktu antara pemakaian handphone dan belajar.
3. Pengawasan orang tua
4. Menjauhkan diri dari handphone.
5. Tidak memiliki handphone.
6. Memakai handphone dengan
7. Kurangi pemakaian handphone.
8. Sebaiknya isi kegiatan dengan aktifitas - aktifitas yang positif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar